Powered By Blogger

Selasa, 12 Februari 2013

Dampak Banjir Dari Segi Ekonomi (2) (BI - 01 - SS - 12)


Penanganan Banjir Butuh Dukungan MasyarakatTingginya curah hujan di Jakarta berisiko menimbulkan banjir di beberapa titik di lima wilayah Jakarta. Untuk penanganannya, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah tidak bisa bekerja dengan optimal tanpa dukungan dari masyarakat.
“Tentu kami berharap banjir besar tidak terjadi. Tapi jika terjadi, dukungan masyarakat juga sangat diperlukan untuk antisipasi,” kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, saat tinjauan ke kawasan rawan banjir di Pengadegan, Jakarta, Selasa (22/11/2011).
Penanganan banjir, lanjutnya, dilakukan dengan tiga metode yakni jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Penanganan jangka pendek umumnya berupa persiapan tanggap darurat, evakuasi korban dan penyediaan logistik di posko-posko pengungsian.
“Ya yang kami tinjau saat ini adalah penanganan jangka pendeknya. Bagaimana posko kesehatannya? Bagaimana dapur umumnya?” ujar Agung.
Sementara penanganan jangka menengah dan jangka panjang, salah satunya adalah pengerukan sungai dan pembuatan waduk sama seperti yang sedang coba diimplementasikan oleh Jakarta saat ini. Ia juga menegaskan bahwa penanganan jangka panjang juga butuh dukungan masyarakat.
“Penanganan jangka panjang tidak akan bisa berjalan jika masyarakat tidak mendukung,” jelasnya.
Tinjauan kali ini, diikuti juga oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo, Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto dan Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih. Rencananya, pekan depan akan dilakukan peninjauan kembali di sekitar daerah Kapuk Muara, Jakarta Utara.
sumber : http://www.beritadulu.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar