Anda dapat mengganti baterai timbal-asam dengan baterai NiMH. Kisaran mobil akan berlipat ganda dan baterai akan berlangsung 10 tahun , tetapi biaya dari baterai NiMH saat ini adalah 10 sampai 15 kali lebih besar daripada baterai timbal-asam. Dengan kata lain, sebuah baterai NiMH akan menelan biaya $ 20.000 sampai $ 30.000 (hari ini) bukan $2.000.
Harga baterai jatuh bangun karena mereka menjadi mainstream, sehingga selamabeberapa tahun ke depan ada kemungkinan bahwa NiMH dan baterai lithium-ionkemasan baterai akan menjadi kompetitif dengan harga baterai timbal-asam. Mobil listrikakan memiliki jangkauan signifikan lebih baik pada saat itu.
Ketika Anda melihat masalah yang terkait dengan baterai, Anda mendapatkanperspektif yang berbeda pada bensin. Dua galon bensin, yang beratnya £ 15, dengan biaya $ 3,00 dan memakan waktu 30 detik untuk menuangkannya ke dalam tangki, setara dengan 1.000 pon baterai timbal-asam dengan biaya $ 2.000 dan mengambil waktu empat jam untuk mengisi ulang.
Terkait masalah dengan teknologi baterai bisa menjelaskan mengapa ada begitu banyak penggunaan sel bahan bakar saat ini. Dibandingkan dengan baterai, sel bahan bakar akan lebih kecil, lebih ringan dan langsung diisi ulang. Ketika didukung olehhidrogen murni, sel bahan bakar tidak memiliki masalah dengan lingkungan yang terkaitdengan bensin. Hal ini sangat memungkinkan bahwa mobil-mobil listrik masa depanakan mendapatkan listriknya dari sel bahan bakar. Masih banyak penelitian dan pengembangan yang akan terjadi, namun, sel bahan bakar yang lebih murah dapat diandalkan untuk mendukung mobil listrik.
Hampir setiap mobil listrik memiliki satu baterai lainnya.Yakni baterai timbal-asam12-volt yang normal . Baterai 12-volt menyediakan daya untuk aksesoris - hal-hal lain seperti lampu, radio, kipas angin, komputer, kantong udara, wiper, power window dan instrumen lain dalam mobil. Karena semua perangkat sudah tersedia dan standar di 12volt, maka masuk akal bila di lihat dari sudut pandang ekonomi untuk menggunakannya pada mobil listrik.
Oleh karena itu, sebuah mobil listrik memiliki baterai timbal-asam 12-volt yang normal untuk catu daya semua aksesoris. Untuk menjaga baterai tetap terisi, mobil listrikmembutuhkan konverter DC-to-DC. Konverter ini mengambil daya DC dari array baterai utama ( misalnya, 300 volt DC) dan mengkonversi ke 12 volt untuk mengisi ulang bateraiaksesori. Ketika mobil menyala, aksesoris mendapatkan catu daya mereka dari konverterDC-to-DC. Saat mobil dimatikan, mereka mendapatkan daya mereka dari baterai 12-voltseperti di kendaraan bertenaga bensin.
Konverter DC-to-DC biasanya kotak terpisah di bawah tenda, tapi kadang-kadang kotak ini dibangun ke controller.
Tentu saja, setiap mobil yang menggunakan baterai memerlukan cara untuk mengisi ulang baterai mereka.
sumber : http://dinamikabaru.blogspot.com/2013/01/problem-baterai-pada-mobil-listrik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar